Categories
Taman Rekreasi

Tempat Wisata di Papua yang Terkenal

Indonesia merupakan sebuah surga tersembunyi bagi para traveler, baik lokal maupun juga mancanegara. Pantai dan juga pemandangan gunung yang sangat indah di berbagai pelosok negeri, tentunya hal tersebut sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi. Banyaknya turis mancanegara yang mulai berdatangan ke berbagai penjuru wisata lokal, membuat masyarakat setempat juga sekarang ini mulai ikut membangun infrastruktur.

Hal tersebut dilakukan untuk dapat membuat para turis baru merasa nyaman pada saat mereka mengunjungi tujuan wisata tersebut. Salah satu pesona daerah Indonesia adalah Papua, yang sejak tahun 2003, sudah terbagi menjadi 2 provinsi, yaitu Papua dan juga Papua Barat.

Tempat Wisata di Papua yang Terkenal

Papua memang menjadi surga tersembunyi yang ada di indonesia, disini anda juga bisa melihat indahnya sebuah pemandangan alam, yaitu dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat indah, hutannya yang cukup lebat, langit biru yang cantik. Selain menjadi surganya wisata alam, di Papua sendiri anda bisa mengetahui tentang lebih banyak budaya papua yang masih kental.

Liburan anda nantinya akan sangat menyenangkan, karena tidak hanya keindahan yang akan anda dapatkan, anda juga bisa mempelajari kebudayaan dari masyarakat Papua. Dalam artikel ini, dibahas beberapa tempat wisata di Indonesia yang unik dan juga menarik, tepatnya yang bisa kita temui di Papua dan juga Papua Barat.

Papua

Terletak di bagian timur dari pulau Papua, provinsi ini juga memiliki banyak taman nasional dan juga mempunyai keberagaman budaya yang menarik untuk dapat dilihat dan juga dapat dikunjungi oleh pengunjung. Papua juga membuka mata setiap orang untuk dapat melihat bahwa tempat yang indah di Indonesia, bukan hanya tempat-tempat ramai saja. Di Papua kita bisa merasakan sebuah kehidupan dari penduduk setempat yang tentunya masih terasa tradisional. Berwisata sambil menikmati situs agen sbobet terpercaya dan alam dan juga sambil mencoba berbagai macam sajian kuliner khas daerah. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di papua :

Pulau Biak

Pulau Biak dan juga Pulau Numfor merupakan satu dari kesatuan yang membentuk sebuah kabupaten Biak. Pulau yang terletak di dalam teluk Cendrawasih ini memiliki banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk dapat dikunjungi. Di Biak Utara, terdapat sebuah Kampung Amoi yang terkenal dengan keindahan dan juga pemandangannya yang masih tradisional. Selain itu, ada juga Museum Cendrawasih di tempat ini yang memiliki banyak koleksi pada saat zaman Perang Dunia II.

Jangan lupa juga untuk mencoba berbagai macam makanan khas yang ada di daerah Biak. Singkong Marapen adalah salah satu makanan khas yang ada di tempat ini. Singkong yang biasanya diolah dengan cara dibungkus menggunakan pelepah pisang dan kemudian dimasak dengan cara di bakar di atas bara ini, merupakan sebuah suguhan yang wajib untuk anda nikmati. Ditempat ini ada juga Japan Iyen, berbahan dasar keladi yang direbus tanpa menggunakan bumbu dan kemudian disajikan dengan ikan laut berbumbu pedas.

Salah satu dari objek wisata yang ada di Biak adalah Taman Burung dan Taman Anggrek yang tempatnya terletak di daerah Bosnik. Terdapat koleksi burung dan juga tanaman yang cukup beragam dan lengkap dengan informasi. Di sekitar daerah Biak juga, ada banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik, seperti halnya pantai Bosnik dan juga air terjun Wafsarak yang berada di sekitar kawasan pulau Biak.

Pantai Bosnik

Merupakan sebuah pantai yang terletak di sekitar 15 kilometer dari kota Biak. Meskipun memiliki berbagai macam pemandangan bawah air yang indah, tetapi para turis yang datang ke tempat ini biasanya mereka akan menghabiskan waktunya dengan bersnorkling dan juga bersantai menikmati keindahan pemandangan pasir putih dan air biru di pantai Bosnik.

Pantai yang cukup ramai dengan pengunjung, karena di pantai ini memang meminta sebuah bayaran jika anda akan masuk ke daerah pantainya. Tetapi, tentunya hal tersebut sangat sepadan dengan pemandangan dan juga suasana yang sangat indah di tempat ini.

Air terjun Wafsarak

Tempatnya terletak cukup jauh dari kota Biak, air terjun yang satu ini harus ditempuh 2 jam perjalanan dari pusat kota dengan menggunakan mobil ataupun motor. Air terjun ini letaknya juga tidak terlalu jauh dari pantai. Air terjun yang satu ini juga disebut dengan air terjun Warsa, dengan ketinggian yaitu sekitar 10 meter, meskipun air terjun tersebut tergolong landai, tetapi pemandangan dari air terjun akan menyambut anda ketika memasuki wilayah air terjun tersebut.

Penduduk setempat juga sangat menjaga kebersihan dari obyek wisata ini. Hal tersebut juga bisa dilihat dari warna air terjun yang masih kebiruan dan juga pemandangan di sekitarnya yang masih sejuk dan masih alami. Untuk memasuki wilayah dari air terjun ini, ada pemungutan biaya untuk per rombongannya, yaitu sebesar 35 ribu rupiah.

Mendatangi air terjun ini, anda akan diperbolehkan juga untuk berenang, dan menikmati pemandangan air terjun tersebut dari atas bukit. Tentunya, dengan syarat anda tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mengotori wilayah air terjun. Untuk para wisatawan yang menyukai wisata air terjun, tentunya banyak sekali tempat yang juga memberi keindahan dari wisata air terjun yang ada di Indonesia yang pastinya wajib untuk dikunjungi.

Danau Sentani

Danau yang berada di bawah lereng dari Pegunungan Cagar Alam Cyclops, memiliki 22 “pulau” di dalamnya, saking besarnya kita sampai bisa melihatnya ketika berada di pesawat. Untuk mengunjungi pulau-pulau yang ada di dalamnya, anda dapat menyewa motor boat kecil di salah satu desa yang berada di dekat danau. Terdapat juga 24 desa di sekitar danau ini, dan kita nantinya juga bisa membeli kerajinan tangan lokal serta dapat mencicipi hidangan kuliner yang ada di berbagai tempat wisata di Papua. Seperti yang terkenal adalah papeda dan juga ikan yang telah diolah.

Salah satu pulau yang juga cukup sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah pulau Asei, pulau ini menjual berbagai kerajinan tangan khas, yaitu berupa ukiran kayu dan juga kerajinan tangan yang tidak kalah menarik. Ada lebih dari 30 jenis ikan yang ada di sekitar danau, dan kita juga bisa menyaksikan penduduk yang ada di sekitar lokasi penangkapan ikan. Salah satu yang juga cukup menarik yaitu pada bulan juni, anda dapat menyaksikan berbagai festival dan atraksi dari penduduk lokal dan juga tarian perang yang sangat khas.

Danau Paniai

Pernah menyandang gelar sebagai danau terindah ke-157 di dunia, yaitu pada bulan November 2007. Pemandangan dari danau ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk dapat mencapai danau ini, anda nantinya bisa berkendara dari kota Enarotali, atau bisa juga melalui jalur udara dengan menaiki pesawat jenis Cessna. Banyak juga para wisatawan lokal maupun juga luar negeri yang mengincar pemandangan danau, terutama pada saat matahari terbenam.

Demikian itulah beberapa tempat wisata yang ada di Papua yang dapat kami rekomendasikan untuk anda. Papua ternyata menyimpan lebih banyak tempat-tempat yang indah yang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan.